Bagi pelajar atau pekerja kantoran, pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Microsoft Excel. Software pengolah angka terbaik buatan Microsoft ini terbukti mampu mempercepat penggunannya saat menghitung beragam angka.
Microsoft Excel sendiri memiliki beragam rumus yang bisa digunakan. Namun, tidak semua rumus diketahui oleh banyak orang.
Kali ini tim JalanTikus akan membagikan 14 rumus Excel di dunia kerja yang paling sering digunakan dan cara menggunakannya. Berikut ulasan lengkapnya!
14 Rumus Excel Di Dunia Kerja yang Sering Dipakai
IF
Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.
- Rumus IF
- Contoh IF
=IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah"
Baca juga :
SUM
Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka.
- Rumus SUM
Sum(number1,[number2],..]
- Contoh SUM
=sum(a1,a2)
Count
Fungsi rumus Excel Count adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka.
- Rumus Count
- Contoh Count
CountA
Fungsi rumus Excel CountA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya.
- Rumus CountA
- Contoh CountA
CountIF
Fungsi rumus Excel CountIF adalah menghitung jumlah cell pada suatu range yang punya satu kriteria tertentu.
- Rumus CountIF
- Contoh CountIF
=countif(a1:a10,"A")
SumIF
Fungsi rumus Excel SumIF adalah menjumlahkan suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi tertentu.
- Rumus SumIF
- Contoh SumIF
=sumif(a1:a6,"Tempe",B1:B6)
Match
Fungsi rumus Excel Match adalah menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu.
Misalnya, kita ingin mencari apakah di sebuah tabel ada nama orang tertentu.
- Rumus Match
- Contoh Match
VLookUp
Fungsi rumus Excel VLookUp adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.
Misalnya, kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
- Rumus VLookUp
- Contoh VLookUp
=vlookup("Jojon",A1:C11,3,0)
SumIfs
Fungsi rumus Excel SumIfs adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.
Misalnya kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
- Rumus SumIfs
sumifs(sum_range,criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...)
- Contoh SumIfs
Round
Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.
- Rumus Round
round(number,num_digit)
- Contoh Round
Trim
Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.
- Rumus Trim
- Contoh Trim
Proper
Fungsi rumus Excel Proper adalah mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).
- Rumus Proper
Proper(text)
- Contoh Proper
Upper
Fungsi rumus Excel Upper adalah mengubah teks ke bentu upper case (huruf besar semua)
- Rumus Upper
Upper(text)
- Contoh Upper
=upper("ini adalah rumus excel sederhana di dunia kerja") > INI ADALAH RUMUS EXCEL SEDERHANA DI DUNIA KERJA
Lower
Fungsi rumus Excel Lower adalah untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).
- Rumus Lower
lower(text)
- Contoh Lower
=lower("Jangan Lupa download aplikasi JalanTikus") > jangan lupa download aplikasi jalantikus
Demikian Rumus-rumas Ms.Excel yang biasa dipakai di dunia kerja. Semoga Bermanfaat !!
It is big that we have released hence exciting guide.I'm happy which we have found ones web site. I am just anticipating browse another, worthwhile content.
ReplyDelete